Kamis, 16 Februari 2012

rpp berkarakter


Tugas : Pengantar Pendidikan
Dosen mata kuliah :  Prof. Siri Dangnga


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
STOIKIOMETRI


 











Disusun Oleh :

Sri Mahligai R  (21110135)









Program Akta IV Angkt. LX
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Parepare
2012


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
STOIKIOMETRI-2
(Hukum-Hukum Dasar Kimia)

Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  X / 1
Standar Kompetensi :  2.     Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya         dalam perhitungan kimia (Stoikiometri)
Kompetensi Dasar    :  2.2    Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-                  hukum dasar kimiamelalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia.

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi: 
(1)      Membuktikan hukum lavoisier melalui percobaan
(2)      Membuktikan hukum Proust melalui percobaan
(3)      Menganalsis senyawa untuk membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan (Hukum Dalton)
(4)      Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum perbandingan volum (Hukum gay Lussac)
(5)      Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum Avogadro.

II.  Tujuan:
     Siswa dapat,
(1)      Membuktikan berlakunya hukum Lavoisier.
(2)      Membuktikan berlakunya hukum Proust.
(3)      Menganalisis data untuk membuktikan berlakunya hukum Dalton.
(4)      Menggunakan data untuk membuktikan berlakuknya hukum Gay Lussac.
(5)      Menggunakan data untuk membuktikan berlakunya hukum Avogadro.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

III.    Materi Ajar       : 
Hukum-hukum dasar kimia
  • Hukum Lavoisier
  • Hukum Proust
  • Hukum Dalton
  • Hukum Gay Lussa
  • Hukum Avogadro

IV.    Metode pendekatan:
  • Ceramah / penyampaian informasi.
  • Praktik
  • Diskusi
  • Penugasan

V.          Alokasi waktu
            4 Jam pelajaran

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimiamelalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia
·        Merancang dan melakukan percobaan untuk membuktikakn hukum Lavoisier dan hukum Proust di laboratorium
·        Mendiskusikan data percobaan untuk membuktikan hukum Dalton, Hukum Gay Lussac, dan hukum Avogadro dalam diskusi kelompok di kelas
·        Siswa dapat Membuktikan hukum Lavoisier melalui percobaan
·        Siswa dapat Menganalsis senyawa untuk membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan (Hukum Dalton)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar